PLUT KUMKM CIANJUR FOR KUMKM INDONESIA - Jl. Gadog II No.18 email plutgoaction@gmail.com

Senin, 19 Mei 2014

Open House PLUT KUMKM Cianjur


Saat ini jumlah UMKM di Indonesia sebesar 56,5 juta unit usaha dan diprediksi menjadi 58 juta  unit pada tahun 2014. Kontribusinya dalam pembentukan PDB sebanyak 57,94% dan menyerap 110,80 juta tenaga kerja. Diharapkan pada 5 tahun mendatang UMKM dapat menjadi perusahaan yang “go internasional”. Setidaknya untuk tingkat ASEAN, UMKM dapat sebagai salah satu pilar ketahanan ekonomi nasional dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Tentunya, membawa UMKM go internasional tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Oleh sebab itu, pengembangan KUMKM membutuhkan suatu pengungkit (leverage) yang mampu : 1) Membangkitkan sense of entrepreneur, 2) Mendongkrak produktivitas; 3) Meningkatkan daya saing; dan 4) Meningkatkan kinerja KUMKM.


Pola pendampingan merupakan langkah strategis sebagai pengungkit untuk memenuhi tuntutan tersebut diatas. Berbagai layanan, pendampingan dan konsultasi bisnis KUMKM sudah banyak dilakukan oleh berbagai instansi pemerintah, swasta maupun Lembaga Swadaya Masyarakat. Dalam rangka memaksimalkan fungsi dari berbagai pendampingan inilah perlu dibangun suatu pusat layanan terpadu atau terintegrasi sehingga KUMKM mendapatkan solusi yang tepat atas permasalahan yang dihadapi. Nama layanan terintegrasi ini dinamakan Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan Usaha Micro Kecil dan Menengah (PLUT-KUMKM).

Di Jawa barat terdapat dua PLUT KUMKM yakni di Kabupaten cianjur dan Sukabumi. diharapkan dengan adanya PLUT KUMKM dapat memberi manfaat yang besar bagi pelaku KUMKM diwilayah tersebut agar mampu meningkatkan kesejahteraan para pelaku KUMKM serta mampu berdaya saing di dalam era masyarakat ekonomi ASEAN 2015. 




2 komentar:

  1. Mohon doanya , agar PLUT KUMKM Cianjur benar benar bisa memberikan manfaat buat pelaku KUMKM di jawa barat khususnya cianjur.

    BalasHapus