PLUT KUMKM CIANJUR FOR KUMKM INDONESIA - Jl. Gadog II No.18 email plutgoaction@gmail.com

Minggu, 29 Juni 2014

Pendampingan dan Pelatihan Agrobisnis berbasis koperasi diwilayah kec.cidaun- cianjur




AGROBISNIS BERBASIS KOPERASI

 
PLUT – CIANJUR,  Sebagai upaya untuk mendukung program gerakan pemberdayaan perempuan guna pencegahan penjualan perempuan melalui peningkatan usaha masyarakat berbasis potensi daerah (Industri Pohon Kelapa) yang dilaksanakan oleh yayasan LEPAS (Lembaga Pemberdayaan dan Aspirasi Sosial) yang mencakup lima desa diwilayah kecamatan cidaun, Konsultan PLUT Cianjur ikut turut bergerak membantu pelaksanaan program tersebut. 

Mengingat Kelapa merupaka salah satu potensi wilayah yang terdapat di kecamatan cidaun, maka dengan menjadikan wilayah tersebut sebagai sentral indutri kelapa dicianjur sangatlah memungkinkan.  

Untuk mewujudkan hal tersebut, pendampingan usaha untuk masyarakat dilima desa (Sukapura, Cidamar, Jayapura, Cisalak dan Karangwangi). Sangatlah diperlukan. Dengan memadukan system pengelolaan agrobisnis melalui koperasi diharapkan mampu menjadi keunggulan terendiri sehingga terciptanya peningkatan ekonomi dilima desa yang bersangkutan, dengan meningkatnya perekonomian diharapkan mampu menanggulangi tindakan human trafficking  dan menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat.

Selama satu bulan ini tahap awal yakni produksi tingkat rumah tangga telah dilaksanakan dan sudah memunculkan produk produk olahan kelapa yang cukup menjanjikan. Kini sedang dibangun system untuk tahap kedua yakni tahapan tingkat desa. Ditingkat ini masyarakat akan mendapatkan bantuan dari kedubes Jepang pengolahan industry kelapa yang nantinya akan di operasionalkan di desa masing masing sesuai dengan kebutuhan desa tersebut.

Kini program ini sedang terus dijalankan, harapannya program ini bisa berjalan sebagaimana mestinya dan mampu mengangkat kesejahtraan masyarakat serta menjadikan wilayah tersebut sebagai wilayah penghasil industry kelapa.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar