PLUT KUMKM CIANJUR FOR KUMKM INDONESIA - Jl. Gadog II No.18 email plutgoaction@gmail.com

Kamis, 14 Agustus 2014

BIMTEK DAN TTG



PLUT KUMKM CANJUR RANCANG KEGIATAN PELATIHAN, BIMBINGAN TEKNIS DAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA BERBASIS KEBUTUHAN BAGI PELAKU KUMKM.


Cianjur, Cianjur Kita.
PLUT KUMKM sebagai lembaga yang menyediakan jasa Non-Finansial yang menyeluruh dan terintegrasi bagi koperasi, usaha mikro kecil dan menengah terus bergerak melakukan upaya upaya guna membantu meningkatkan kapasitas KUMKM. Hal ini tentu sesuai dengan tujuan PLUT KUMKM dalam rangka meningkatkan daya saing KUMKM.
Salah satu bentuk upaya tersebut adalah dengan menghadirkan sebuah pola pelatihan dan bimbingan teknis usaha yang terarah, tepat sasaran  dan berkelanjutan. Menurut kepala PLUT KUMKM Cianjur, Deddy Sudjana,S.AP. bahwa PLUT KUMKM Cianjur harus membantu KUMKM dengan memberikan Pelatihan dan Bimbingan Usaha yang tepat, yang betul betul dibutuhkan oleh pelaku KUMKM dalam membangun dan meningkatkan usahanya.
Kepala dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Cianjur, Ridwan llyasin, SH, MM. menuturkan bahwa para konsultan dan Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan sebagai ujung tombak PLUT dan Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Cianjur diharapkan mampu berinergi dengan berbagai pihak dalam melaksanakan kegiatan BIMTEK dan TTG guna tercapainya peningkatan daya saing KUMKM  serta lebih semangat dan menebar manfaat yang berkelanjutan dan terarah bagi peningkatan KUMKM di cianjur.
Dalam rapat koordninasi Rabu, 6 Agustus 2014, yang dihadiri seluruh konsultan dan Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan (PPKL), bertempat digedung PLUT KUMKM Cianjur. Telah disepakati bahwa program pelatihan berupa Bimbingan Teknis Usaha (BIMTEK) dan Penerapan Teknologi Tepat Guna (TTG) adalah program pelatihan yang berbasis kebutuhan KUMKM artinya setiap kegiatan BIMTEK dan TTG  yang diselenggarakan merupakan hasil analisis yang sesuai untuk memecahkan permasalahan permasalahan yang tengah dihadapi oleh KUMKM, Menjadi Kebutuhan KUMKM dan sesuai dengan harapan KUMKM.
Dari hasil bisnis check up dan kuisioner yang dibagikan kepada beberapa UKM dapat diketahui bahwa promosi dan pemasaran merupakan permasalahan yang paling utama yang dihadapi KUMKM Cianjur, selanjutnya baru masalah permodalan dan pengelolaan/manajemen usaha (baik itu dari segi perencanaan usaha sampai kepada pengelolaan keuangan).
Kegiatan pelatihan (BIMTEK dan TTG) akan dimulai diminggu ke-3 bulan agustus. Sebanyak 5 orang konsultan dan 8 orang PPKL disiapkan untuk mengkaji, menyusun dan menyelenggarakan kegiatan tersebut.
Peran aktif KUMKM dalam memberikan informasi, saran dan masukan akan sangat membantu.
Kegiatan BIMTEK dan TTG ini terbuka bagi para pelaku KUMKM dicianjur. (BOBBY)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar